Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Membuat Blog di Blogspot

aminwafai.com- Pada artikel cara membuat email gmail, saya mengatakan bahwa dengan membuat akun google, maka kita akan mendapatkan seluruh layanan gratis yang diberikan oleh google, didalamnya termasuk layanan email dan yang sekarang akan kita bahas yaitu membuat blog dengan menggunakan blogger. Jika anda sudah memiliki satu akun google, maka anda sudah melangkah satu kali untuk mengawali membuat blog dengan  memakai bloggersebagai platformnya.

Baiklah, saya anggap anda sudah memiliki akun google atau jika belum boleh membuat akun google terlebih dahulu. Untuk selanjutnya kita akan segera action membuat blog pertama kita. Namun sebelum kita benar-benar action untuk membuat blog kita, ada baiknya anda terlebih dahulu mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Tema Blog

Tema blog ini sangat penting bagi kita. Oleh karena itu, sebelum kita membuat blog, kita harus menentukan blog dengan tema seperti apa yang akan kita buat. Usahakan tema yang akan dimuat di blog kita adalah tema-tema yang sudah kita kuasai. Sehingga kita tidak akan kesulitan dalam membuat artikel-artikel berikutnya. Jika kita tidak menguasai tema yang kita muat di blog kita, biasanya blog akan terhenti di tengah jalan. Dan akhirnya anda pun pensiun dini di dunia per bloggan.
Selain itu, tema blog kita juga harus menarik, ini berguna agar nantinya artikel yang ada diblog kita banyak yang mencari. Jika banyak orang yang mencari, maka blog kita akan banyak pengunjung dan kita akan lebih semangat lagi dalam membangun blog kita.

2. Nama Blog

Apakah nama blog juga penting? Jelas penting, karena nama blog akan menggambarkan seperti apa isi dari blog yang kita buat. usahakan nama blog sesuai dengan tema. Buatlah nama blog yang relevan dengan temanya. 
Misalnya kita akan membuat blog dengan tema kesehatan, anda jangan membuat nama blog dengan nama yang tidak ada kaitannya dengan kesehatan seperti "Modifikasi Otomotif". Jika anda membuat nama seperti itu, sama sekali tidak ada kaitannya.

3. Url Blog

Buatlah rencana url yang akan kita pakai untuk blog kita. Url juga sangat penting untuk kelangsungan blog, terutama untuk Search Engine Optimation (SEO), sekaligus brand dari blog kita.
Sebagai contoh, kita akan membuat blog dengan ketentuan sebagai berikut:
Tema: Kesehatan
Nama : Info Kesehatan
Url: http://www.infokesehatan.blogspot.co.id/
Dengan seperti itu, antara tema, nama dan url blog kita semuanya sesuai. Jika semuanya sudah kita rencanakan dan sesuai antara ketiga hal tersebut, berikutnya kita melangkah untuk membuat blognya.
1. Silakan anda menuju ke blogger.com 
2. Anda akan diminta untuk Login terlebih dahulu ke akun google anda.
3. Setelah anda sign in, jika anda pengguna baru, maka akan disuruh untuk melengkapi profil google plus terlebih dahulu.
4. Silakan lengkapi data profil anda terlebih dahulu. Tapi jika anda sudah mengupdate profil anda, anda akan langsung menuju ke halaman blogger. Klik "Lanjutkan Ke Blogger"

5. Dan anda akan di bawa ke halaman pembuatan blog, Klik "Buat blog"
6. Dilangkah ke enam ini, anda ingat kembali tadi hal-hal yang kita persiapkan diawal sebelum membuat blog, yaitu tema, nama dan Url. Isikan ke dalam formulir seperti dibawah ini.
Pada kolom judul, isikan Nama Blog Kita
Pada kolom alamat, kita isikan alamat url kita
Pada opsi Template, kita pilih template/ tampilan blog yang akan kita gunakan, jangan terlalu pilih-pilih, nanti keamaan, itu bisa kita ganti nanti.
Setelah itu anda klik "Buat Blog",lalu anda akan di antarkan ke halaman dashboard blogger anda. Sampai disini, blog anda sudah jadi dan sudah bisa online dan ditampilkan di browser, namn masih kosong, karena kita belum mengisinya dengan artikel. 
Untuk Selanjutnya, tugas kita adalah mengisi artikel dan mengelola log kita dihalaman dashboard kita, untuk lebih jelasnya, kita baca dulu penjelasan Mengenal Halaman Dashboard Blogger.

Post a Comment for "Cara Memulai Membuat Blog di Blogspot"