Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sentuhan Kecil Ini Akan Membuat Artikel Anda Menjadi Full SEO Friendly

aminwafai.com- Artikel SEO Friendly, apa sih sebenarnya SEO friendly? Sebelum pertanyaan ini dijawab, kita basa basi dulu yaah, ngga apa apa kan? Soalnya saat artikel ini ditulis, waktu sudah menunjukkan jam 01.30 dini hari, sehingga mata saya sudah tinggal 5 watt. heheh. Basa-basinya begini, di internet ada banyak sekali artikel dengan topik yang sama, jumlahnya ribuan atau bahkan jutaan, tapi hanya ada 10 artikel yang masuk page one dan 1 yang nangkring di baris paling atas, alias rangking 1. Mengapa itu bisa terjadi? Itu karena si pembuat artikel memperhatikan unsur-uunsur SEO dalam membuat artikelnya sehingga artikel mereka bisa menjadi seperti itu.
Membuat Artikel Full SEO Friendly

Pengertian SEO Friendly

SEO itu sendiri memiliki pengertian suatu kegiatan optimasi yang dilakukan oleh seseorang untuk memaksimalkan situs/blog yang mereka miliki.
Sedangkan pengertian Friendly yaitu artikel kita bisa bersahabat dengan para pembaca atau pengunjung blog kita, serta artikel kita dapat dengan mudah di telusuri oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain.
Ini hanyalah salah satu teknik seo saja, masih ada banyak teknik-teknik lain yang bisa anda lakukan, seperti misalnya anda melakukan pengaturan awal blog saat anda baru membuatnya, itu juga penting dilakukan untuk menunjang seo blog anda.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Ada beberapa langkah kecil yang dapat kita lakukan untuk membuat artikel kita menjadi mudah ditelusuri, dan sekaligus ramah terhadap pengunjung blog kita. Dan ini bisa kita lakukan dengan sangat mudah ketika kita membuat artikel untuk kita post di blog kita.
  1. Membuat Judul Yang Semenarik Mungkin

    Tidak dapat dipungkiri, judul merupakan salah satu aspek utama yang membuat artikel menjadi banyak pengunjungnya. Dengan judul yang menarik, unik dan bikin penasaran, maka akan banyak orang yang ingin melihat artikel yang kita buat. Namun, dalam membuat judul, jangan hanya menarik saja, sesuaikan juga dengan isinya. karena kalau tidak, judul yang menarik dengan konten yang biasa saja, justru akan menjadi bumerang untuk blog anda, orang akan merasa dibohongi dengan judul dari blog anda, dan dijamin mereka tidak akan kembali lagi ke blog anda walau anda share di banyak sosial media sekalipun.
    Contoh membuat judul yang menarik, misalnya anda membidik kata kunci "Cara Mendapatkan Uang Diinternet", maka buatlah judul yang begitu profokatif misalnya "5 Menit Mendapatkan Uang Di Internet Dengan Sangat Mudah". Orang akan Melihat judu yang pertama biasa-biasa saja, tapi dengan melihat judul yang kedua, pastinya akan lebih penasaran lagi, sehingga akan melanjutkan membaca dan mengunjungi blog anda. Tentunya harap diingat, konten juga harus sesuai dengan judul dari artikel kita itu.
  2. Membuat Isi Artikel Yang Relevan

    Artikel yang relevan merupakan salah satu faktor yang membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda, bahkan walaupun panjang artikel mencapai 1000 kata atau bahkan 2000 kata, jika artikel yang disajikan sesuai dengan yang dicari, maka pengunjung akan kembali lagi esok hari untuk kembali membaca isi artikel yang belum selesai dibacanya itu.
  3. Masukkan Kesimpulan Awal 

    Artikel yang panjang, seringkali membuat pengunjung mual duluan sebelum membacanya, apalagi untuk orang-orang yang minat bacanya rendah. Nah untuk mensiasati hal ini, maka kita bisa membuat sebuah kesimpulan kecil di awal paragraf, atau kalau tidak ya di bagian awal artikel, sehingga pengunjung akan tau hasilnya jika benar-benar membaca artikel sampai selesai.
  4. Masukkan Beberapa Kata Kunci Di Paragraf Awal

    Untuk membantu mesin pencari menelusuri isi artikel kita, buatlah beberapa kata kunci dn letakkan di paragraf pertama. namun, lagi-lagi hal ini juga harus memperhatikan kenyamanan pengunjung. Jangan sampai terjadi pengulangan kata kunci yang tidak nyambung, atau bahkan menumpuk kata kunci yang berlebihan sehingga artikel menjadi susah untuk dipahami.
    Pada artikel ini contohnya, saya membidik kata kunci Artikel SEO Friendly. Di paragraf pertama saya taruh satu frase "Artikel SEO Friendly", satu frase "Artikel SEO", dan satu kata "SEO".
  5. Membuat Internal dan Eksternal Link Di Dalam Blog

    Internal Link dan Eksternal link sangat membantu pengujung untuk mendapatkan informasi terkait dengan materi yang sedang di baca di blog kita. Internal link bisa mengantarkan artikel lain di dalam blog kita, sedangkan eksternal link memberikan informasi dari link yang berasal bukan dari dalam blog kita. Dengan adanya internal link, kita juga dapat meningkatkan jumlah pageview blog kita.
  6. Memberi Label Untuk Setiap Artikel Yang bebeda Kategori

    Jika di dalam blog kita ada berbagai macam materi yang disajikan, ada baiknya saat membuat post, kita membuat label untuk masing-masing artikel yang kita buat. Hal ini akan sangat membantu pengunjung untuk mencari artikel lain dalam blog kita yang masih berada dalam satu kategori, sehingga pageview blog kita pun akan meningkat.
    Memberi Label Artikel
  7. Jangan Berlebihan Memakai Huruf Tebal, Huruf Miring, dan Huruf bergaris Bawah

    Ada kalanya accesoris untuk artikel seperti pemberian huruf tebal, huruf miring atau bergaris bawah itu perlu. hal ini setidaknya untuk memberikan penekanan pada kata yang kita sampaikan pada pengunjung. Namun, jika itu dilakukan secara berlebihan, hal ini akan menjadikan artikel kita dipandang berantakan oleh pengunjung, jadi gunakan fitur itu secukupnya saja.
  8. Menggunakan Alt dan Title untuk Image

    Jika anda menggunakan gambar pada posting artikel anda, jangan lupa untuk memberikan Alt dan title pada gambar yang kita gunakan itu.
    Caranya klik pada gambar yang telah di upload, lalu pilih properties.
    Menggunakan Alt dan Title untuk Image
    lalu isikan Alt dan Title image
    Menggunakan Alt dan Title untuk Image
  9. Membuat Permalink

    Permalink adalah link permanent yang akan merujuk ke artikel yang kita miliki. Link ini biasanya muncul setelah kita mempublish artikel yang kita buat. Namun, jika kita tidak meng Custom nya, biasanya ada kata kunci yang terpotong pada link itu, contohnya:
    Link tanpa di buat permalink: http://www.siteindigo.com/2016/01/mengenal-halaman-dashboard-blogspot-yang.html 
    Namun jika kita menggunakan permalink, kita bisa menyesuaikan atau bahkan menambahkan kata kunci ada link tersebut, sehingga mesin pencari semakin mudah menelusuri artikel kita. Contoh: link di atas setelah memakai permalink http://www.siteindigo.com/2016/01/mengenal-halaman-dashboard-blogspot-yang-sering-terlewatkan.html

    Membuat Permalink
  10. Memberikan Heading dan Sub Heading

    Jika dalam artikel anda ada beberapa pembahasan dan sub pembahasan, ada baiknya anda selalu memberikan tag heading dan subheading. Ini akan sangat membantu mesin pencari menemukan artikel anda.
    Caranya lihat Gambar!
    Memberikan Heading dan Sub Heading
  11. Membuat Deskripsi Penelusuran

    Sebelum mengakhiri artikel anda, sebaiknya anda membuat Deskripsi Penelusuran untuk artikel anda. Ini berguna untuk mempermudah pengunjung mendapatkan gambaran artikel anda saat mereka menemukannya dengan mesin telusur.
    Caranya Lihat gambar.
    Membuat Deskripsi Penelusuran
  12. Submit Artikel 

    Setelah langkah langkah di atas selesai dilakukan, berikutnya adalah mempublish serta langkah yang terakhir, yaitu men submit artikel anda. Sebenarnya hal ini tidak harus dilakukan, karena submit artikel adalah tujuannya agar artikel kita terindeks oleh mesin pencari, sedangkan mesin pencari secara otomatis akan mengindeks artikel kita. Hanya saja akan membutuhkan waktu ntuk mesin pencari mengindeks artikel yang baru saja kita buat. Nah untuk mempercepat indeks, kita bisa melakukannya dengan submit artikel.
    Untuk menguji artikel yang baru saja kita buat, silakan ambil url artikel yang baru saja di buat, lalu masukkan ke pencarian google. Tanpa submit, hasilnya seperti ini.
    Submit Artikel
    Sekarang kita Submit artikel kita., atau ke https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?q&dq&submit=Tambah+URL
    Maka hasilnya sudah berbeda seperti dibawah ini, artikel langsung terindeks tanpa waktu yang lama, hanya sekitar 5 menit.
    Submit Artikel


2 comments for "Sentuhan Kecil Ini Akan Membuat Artikel Anda Menjadi Full SEO Friendly"