Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengantar Membuat Blog

Saat ini mungkin telah beredar ribuan bahkan jutaan blog yang telah online dan dapat diakses oleh setiap orang didunia. Dan ada ratusn bahkan ratusan ribu artikel yang diterbitkan setiap harinya. Jumlah itu tentunya sebuah kebaikan yang yang dibawa oleh perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat sejak era tahun 2000 an. Namun, dengan jumlah blog yang ada dan pertambahan user atau blogger saat ini. Hanya sebagian saja yang mengerti dan dapat menjelaskan apa dan bagaimana sebenarnya blog itu. Kebanyakan orang lebih suka langsung action, tanpa mempelajari atau minimal membaca hal-hal yang akan dibuatnya, apakah anda seperti itu? Jika iya, jangan khawatir, hal ini juga berlaku tak terkecuali pada diri saya sendiri.

Untuk itulah di posting yang pertama ini, saya bermaksud untuk belajar sekaligus berbagi dengan para pembaca yang budiman untuk mempelajari apa itu sebenarnya yang dinamakan blog secara sistematis.
Pengantar Membuat Blog


Pengertian Blog
Blog, sebagaimana yang saya baca dari wikipedia.org, adalah singkatan dari web log, yaitu sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Tulisan ini secara umum dimuat terbalik artinya isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, walaupun pada sebagian blog tidak demikian. Situs web semacam ini kemudian dapat diakses oleh seluruh pengguna internet yang ada di semua belahan dunia sesuai dengan topik dan temanya masing-masing.

Sejarah Blog
Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs, adalah media yang pertama kali memperkenalkan blog sampai pada akhirnya pada 2002 google mengakuisisi situs tersebut dan menjadi bagian dari produk google. Sejak saat itu, kemudian muncul berbagai macam program aplikasi yang beredar secara gratis yang diperuntukkan bagi perkembangan penulis blog tersebut.
Blog memiliki fungsi yang sangat beraneka ragam. Seperti untuk membuat catatan harian pribadi, sebagai media publikasi, sampai dengan program-program yang bersifat komersil yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar.
Kebanyakan blog dikelola oleh seorang admin tunggal, namun ada juga beberapa blog yang memiliki admin lebih dari satu orang atau penulis. Blog biasanya memiliki interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menyediakan kolom komentar, fasilitas untuk chatting dan halaman kontak. Namun ada juga beberapa blog yang tidak memiliki beberapa fasilitas tersebut.

Komunitas Blog
Dari awal pembuatannya, blog sudah memiliki berbagai macam topik dan temanya masing-masing, sehingga dalam perkembangannya ada beberapa blog yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam membangun blognya. Dan pada akhirnya terciptalah sebuah komunitas yang didalamnya tercipta hubungan antara angota-anggotanya untuk saling berbagi dan sharing masalah-masalah yang dialami saat membangun blognya.

Jenis-jenis Blog
Jenis-jenis blog dapat dibedakan berdasarkan topik yang dimuat dalam artikel-artikel atau posting yang diuploadnya. Seperti misalnya beberapa jenis blog yaitu Blog politik, Blog pribadi, Blog kesehatan, Blog sastra, Blog perjalanan, Blog mode, Blog riset, Blog hukum, Blog media, Blog agama, Blog pendidikan, Blog kebersamaan, Blog petunjuk (directory), Blog bisnis, Blog pengejawantahan, Blog pengganggu (spam), Blog virus (virus). Dari beberapa jenis blog itu, barangkali dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca yang hendak membangun blog esuai dengan topik yang dikuasainya.

Budaya Ngeblog
Aktifitas blogging atau yang dalam bahasa Indonesia di sebut Ngeblog, hendaknya dilakukan hampir setiap waktu agar eksistensi pemilik blog tetap terjaga. Hal ini juga untuk mengetahui sejauh mana blog itu dirawat, baik dari penggantian template maupun update artikel yang ada di postingan blognya. 

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini sangat banyak membantu para blogger untuk merawat blognya, seperti munculnya berbagai macam  perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang dapat dimanfaatkan oleh ara blogger.

Dari budaya ngeblog, bahkan beberapa orang sudah dapat menghasilkan uang yang bahkan lebih banyak dari yang diperolehnya dari bekerja secara reguler. Sehingga saat ini tidak sedikit jumlah blogger yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utamanya, seperti misalnya melalui mengikuti program bisnis PPC Google Adsense, menjual barang melalui blog, menjual jasa dan sebagainya.

Resiko dalam Aktifitas Ngeblog
Seperti telah diketahui, blog yang kita buat adalah halaman-halaman yang dapat diakses oleh siapapun tanpa terkecuali. Padahal, di dalam blog, kita pastinya memberikan informasi-informasi, dari informasi tentang blog kita, sampai informasi yang bersifat pribadi. Hal ini memungkinkan adanya penyalahgunaan data dan pencurian informasi tersebut oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Baiklah saudara, sementara itu dulu yang dapat saya sampaikan dalam posting yang pertama ini, nanti akan kita lanjutkan lagi dengan langkah demi langkah membangun sebuah blog yang berkualitas.

2 comments for "Pengantar Membuat Blog"

  1. Sip nih, main-main juga di blog saya, banyak tutornya, ada cara bisnis onlinenya juga termasuk cara mendapatkan uang dari blog kita, kunjungi http://dunia-aitiku.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung, blog anda juga bagus, cukup meberi inspirasi,

      Delete