Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengubah Design Blog Dengan Mengganti Template Bawaan Blogspot

aminwafai.com- Seperti sebelumnya telah dibahas tentang Tips Trik Memilih Template Blog Yang Baik dan Benar Untuk Blogspot dan juga Cara Mengecek Responsive dan Kecepatan Loading Template jika kedua hal tersebut sudah dilakukan dan anda sudah mantap untuk mengganti template yang sesuai dengan blog anda, ini saatnya Mengubah Design Blog Dengan Mengganti Template blogspot anda. Template memang sangat penting untuk keberlangsungan blog anda di masa depan,karena ini terkait dengan kenyamanan pengunjung blog sehingga pengunjung akan merasa betah dan akan kembali lagi mengunjungi blog anda di lain waktu, atau bahkan menyarankan teman-temannya untuk mengunjungi blog anda, tentunya itu juga disertai dengan artikel bagus dan seo friendly.
Untuk mengubah design  tampilan blog, ada tiga hal yang dapat dilakukan, yaitu:
  1. Mengubah desain dengan perancang template
  2. Mengubah desain dengan CSS
  3. Template seluler untuk blog Anda
Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Mengubah desain dengan perancang template, caranya:

a. Login ke Blogger.
b. Pilih blog untuk diperbarui.

Mengubah Design Blog Dengan Mengganti Template Bawaan Blogspot
c. Pada menu sebelah kiri Dashboard, klik Template.

Mengubah Design Blog Dengan Mengganti Template Bawaan Blogspot
d. Di bawah "Langsung di blog," klik Sesuaikan.

Mengubah Design Blog Dengan Mengganti Template Bawaan Blogspot
e. Di bagian atas, gunakan fitur-fitur yag disediakan untuk mengedit tampilan blog anda seperti Template, Latar belakang, Sesuaikan lebar, Tata Letak dan Tingkat lanjut.
Mengubah Design Blog Dengan Mengganti Template Bawaan Blogspot
Jangan lupa klik pratinjau untuk melihat tampilan blog anda setelah di edit.
f. Setelah anda cocok dengan design yang anda buat, sekarang tinggal klik Terapkan ke Blog untuk menayangkan langsung perubahan Anda. cara yang ke dua, yaitu:

2. Mengubah desain dengan CSS

CSS yaitu singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS ini berisi rangkaian instruksi yang menentukan bagiamana suatu text akan tertampil di halaman web.Pembahasan tentang CSS ini akan dibahas di lain waktu, intinya, mengedit tampilan blog dengan CSS adalah dengan mengubah atau memodifikasi kode-kode yang ada pada template baik dari warna, font, ukuran dan lain-lain dilakukan dengan mengganti kode-kode yang sudah ada pada template dengn kode-kode yang kita inginkan.
a. Lakukan seperti pada langkah a-d pada cara pertama di atas.
b. Klik "Edit HTML"
c. Akan ditampilkan halaman yang berisi kode-kode dari template yang sedang anda gunakan saat ini, untuk mengubahnya, anda harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang CSS ini, karena ada kesalahan sedikit saja, akan berakibat error pada halaman blog anda.
d. Di sini, anda dapat mengubah design template anda dengan menambahkan kode-kode untuk blog dari tampilan, warna, font, ukuran widget dan lain sebagainya dengan kode-kode tertentu. Namun, pada kesempatan kali ini, kita blm membahas sampai situ, ini hanya sebatas penjelasan langkah-langkah secara umum.
e. Jika sudah yakin dengan design template anda, klik "Simpan Template"

3. Template seluler untuk blog Anda

a. lankukan langkah-langkah seperti pada cara 1 pada poin a-d.
b. klik gambar atau ikon roda gigi yang ada pada tampilan seluler
c. Pilih template seluler yang cocok dengan tampilan blog anda
d. Klik "Simpan"

Sampai disini anda sudah dapat mendesign tampilan Blog Dengan Mengganti Template Bawaan Blogspot. Untuk pembahasan berikutnya, akan disajikan materi mengganti template dengan template yang didownload dari penyedia template baik yang gratisan maupun yang premium atau berbayar.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengubah Design Blog Dengan Mengganti Template Bawaan Blogspot"