Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Riset Kata Kunci atau Keyword research

Keyword research
Aminwafai.com- Sekarang anda sedang membaca Bab 3 dengan Pokok Bahasan Riset Kata Kunci. Jika anda belum membaca BAB 1. Konsep SEO  dan BAB 2. SEO On Page, ada baiknya anda membacanya terlebih dahulu.
Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan riset kata kunci atau yang biasa disebut dengan keyword research? Begini, pengertian secara jelasnya, saya kurang begitu paham, tapi secara sederhana, saya ilustrasikan dengan paragraf di bwah ini.
Seseorang mencari sebuah informasi di internet, menggunakan search engine berupa google, ia mencari informasi tentang Bisnis Online, dan ia mengetikkan kata kunci Bisnis Online di search engine tersebut.
Lalu meisn pencari menyuguhkan hasil pencarian yang paling cocok dengan kata yang sedang dicari itu tadi.
Nah, riset kata kunci itu, kita bertujuan mencari kata kunci atau keyword yang sedang banyak dicari oleh pengguna internet dimanapun ia berada. Karena akan sia-sia saja kalau kita membuat sebuah artikel, tapi ternyata artikel kita tidak ada yang mencarinya, tentunya kita juga tidak akan mendapatkan pengunjung, iya kan?
Jadi intinya begini, riset kata kunci yaitu kita menggunakan tool yang disediakan oleh google untuk mencari kata kunci yang sangat banyak dicari dan kata kunci yang sedikit di cari atau tidak populer atau dalam kata lain kompetisinya rendah.

Lalu, apakah riset kata kunci itu penting?

Dulu, blog pertama yang pernah saya buat, saya tidak pernah melakukan riset kata kunci dalam membuat artikel. Hasilnya bagaimana? Luar biasa, dari 100 artikel yang saya publish dan sampai blog berumur 3 bulanan, pengunjung hanya sekitar 15 orang perhari. Menyedihkan!
Akhirnya, saya mencoba melakukan riset kata kunci, ya tentunya saya baca-baca dulu bagaimana caranya. Dan ternyata benar, pada usia 2 minggu blog ini yang sedang anda baca, dengan jumlah artikel 10 biji, sudah dapat menghadirkan pengunjung 400 orang sehari, memang belum seberapa, tapi untuk blog berumur segitu, saya pikir lumayanlah.
Jadi, memang riset kata kunci itu penting!
Lalu dalam riset kata kunci, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu kita harus menganalisa kompetisi dari keyword yang kita dapatkan tadi, apakah kata kunci itu populer, ataukah kata kunci itu tidak ada yang mencari atau kuantitasnya rendah. Ini disebut dengan analisa kompetisi.

Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Melakukan Riset keyword

Ini adalah tool yang saya pakai dari pertama saya melakukan riset keyword sampai sekarang, yaitu Google Keyword Planner. Saya senang menggunakannya karena gratis dan fiturnya lengkap. Disamping itu, karena tool ini adalah milik Google sendiri hasilnya akan lebih akurat tentunya.
Cara melakukan riset kata kunci amat sanagat mudah, buka Google Keyword Planner,
Keyword Research
Keterangan:
1. Isikan kata kunci yang anda inginkan yang akan dilakukan riset
2. Pilih Negara
3. Pilih Bahasa
4. Klik "Get Ideas"
Maka anda akan disajikan hasil dari pencarian kata kunci anda itu.
Keyword Research
Di bagian yang saya beri kotak merah itu, bisa kita lihat ada 390 orang yang mencari artikel dengan kata kunci "belajar membuat blog", namun jika kita membuat kata kunci "cara membuat blog", jumlahnya akan berbeda jauh, yaitu 90 ribuan. Artinya, cara membuat blog pencariannya lebih banyak dari pada belajar membuat blog.
Nah, kalau sudah tau begitu, kita tinggal optimasi artikel kita, seperti yang saya jelaskan pada Optimasi Seo On Page dengan menggunakan kata kunci "cara membuat blog".
Cuman itu aja kok inti dari riset kata kunci, mudah bukan?
Apakah ini sudah selesai?
Hooohoo,,belum lah,,masih ada banyak sekali, tapi ngga apa-apa, istirahat sejenak kawan! Biar mata nggak sakit, betul tidak?
Ok, siap lanjut?

Gunakan kata kunci dengan persaingan yang rendah terlebih dahulu!

Mengapa menggunakan kata kunci yang persaingannya rendah? 
Ini sya sarankan hanya untuk blog yang masih belum berumur dan belum memiliki kualitas Seo yang memadai. Sehinggga nantinya tidak akan tersingkir oleh blog-blog yang sudah besar. Hasilnya, nanti artikel kita akan lebih cepat nangkring di page one, karena persaingannya sedikit.

Gunakan kata kunci berekor panjang Atau Long tail Keyword

Masih ada lagi nih, long tail keyword, atau kata kunci berekor panjang. 
Huft, apa lagi nih?
Tenang,,tenang,,bukan apa apa kok,,
Tadi anda sudah melakukan riset keyword misalnya dengan kata kunci "belajar membuat blog" dengan hasil pencarian 390. Dan anda juga disajikan hasil dari pncarian kata kunci dengan jumlah 90 ribuan. Dari hasil itu, kita gabungkan saja keyword yang pertama dengan yang kedua menjadi "Cara Belajar Membuat Blog". Dan kita akan mendapatkan hasil 90ribu + 390 pencarian tadi. jadi, jangan sungkan untuk membuat keyword yang memuat beberapa kata.
Sudah itu saja tentang riset kata kunci atau keyword research. Nanti akan saya bahas juga kelanjutan dari artikel tentang Riset Kata Kunci atau Keyword research, kemungkinan akan saya buat menjadi 6 BAB, saya sajikan kerangkanya terlebih dahulu yaa, makanya jangan ragu untuk datang kembali ke aminwafai.com
Ini ke 6 Bab untuk Riset Kata Kunci yang akan segera hadir.
  1. Search Intent
  2. Mencari Keyword yang Tepat
  3. Analisa Tingkat Kesulitan
  4. Strategi Keyword
  5. Long Tail Keywords
  6. Meningkatkan Performa Keyword

1 comment for "Riset Kata Kunci atau Keyword research"

  1. kalo blog baru harus pakai kata kunci yg saingannya dikit ya, trus apakah dengan begitu bisa naik rating blognya ntar gan ? :D trims infonya

    ReplyDelete