Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu SEO Search Engine Optimization

Apa itu SEO? Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari dalam Bahasa Indonesia? Baik mari kita berkenalan dengan SEO ini. Saat Anda googling, lalu anda menemukan situs web tertentu, kemudian anda mendapatkan pengalaman sebagai pengguna di sana, maka saat ini sedang menemukan konsep pengoptimalan mesin telusur (SEO) yaitu ilmu untuk meningkatkan visibilitas situs web di seluruh hasil dari berbagai mesin telusur.

Apa itu SEO Search Engine Optimization
(SEO) yaitu ilmu untuk meningkatkan visibilitas situs web di seluruh hasil dari berbagai mesin telusur.

Jika sebuah situs web tidak terlihat jelas di hasil pencarian, maka Anda tidak akan bertemu web tersebut, tanpa SEO situs web dan blog anda tidak akan di temukan oleh mesin pencari dan pada akhirnya tidak memiliki pengunjung.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa situs web dan blog Anda mudah diakses oleh mesin pencari. Bagitu konsepnya! SEO akan membuat blog anda ditemukan oleh mesin telusur dan kemudian diberikan kepada pengunjung web atau blog anda, semua itu karena SEO, ya Search Engine Optimization!

Mesin pencari seperti Google, Yahoo!, dan Bing membantu pengguna dan calon pengunjung  menemukan konten yang mereka cari. Jadi, sangat penting bahwa situs web Anda terlihat di halaman hasil mesin pencari/ Search Engine Results Page (SERP).

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis toko makanan yang menawarkan layanan di Jakarta, maka situs Anda harus berperingkat tinggi di peringkat mesin telusur saat pengguna menelusuri kata kunci "toko makanan di Jakarta" di pencarian Google atau mesin telusur lainnya.

Studi yang terkait dengan SEO menunjukkan bahwa lebih banyak trafik biasanya menghasilkan lebih banyak penjualan; oleh karena itu, trafik adalah salah satu komponen utama yang menentukan pendapatan.

Selain meningkatkan pendapatan, SEO dapat membantu dengan tujuan lain seperti menjangkau audiens yang lebih besar atau membantu orang mengakses informasi penting untuk manfaat blog lain yang lebih besar.

Sebelum mempelajari langkah-langkah SEO, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang topik-topik berikut:
• Apa itu SEO?
• Manfaat SEO
• Tantangan dalam SEO
Black-Hat SEO dan White-Hat SEO
SEO On-page dan Off-page
Dan pada artikel ini akan membahasnya satu per satu.

Apa itu SEO?

SEO adalah langkah-langkah yang digunakan untuk mendapatkan trafik dengan membuat situs web Anda terlihat di hasil mesin pencari melalui teknik organik atau berbayar. Istilah organik berarti menggunakan cara alami untuk meningkatkan visibilitas situs web tanpa menggunakan layanan bayar dari pihak lain. 

Ada banyak cara untuk menerapkan SEO, seperti menggunakan kata kunci yang relevan, konten berkualitas, dan konten multimedia yang optimal di halaman web Anda dan cara lainnya.

Dulu, orang menerapkan teknik curang (black-hat SEO) untuk mendapatkan trafik pada situs web mereka. 

Pencarian dengan menggunakan Google, Bing, dan Yahoo! adalah mesin pencari paling populer yang digunakan untuk mencari informasi di Web; dan dengan mesin pencari ini semakin pintar dari hari ke hari, sangat penting bahwa Anda menggunakan cara yang benar untuk mencapai visibilitas secara alami. 

Oleh karena itu, SEO juga dapat artikan sebagai seni atau ilmu untuk mempengaruhi visibilitas situs web dalam hasil pencarian, mengesampingkan penggunaan cara-cara manipulatif untuk mengelabui mesin pencari. Google telah menyusun pedoman yang harus dipatuhi, untuk memastikan bahwa pemilik situs menggunakan cara yang tepat untuk menerapkan SEO yang benar.

Manfaat SEO

SEO bukanlah biaya, tetapi SEO adalah investasi yang memberikan hasil dalam jangka panjang. Anda tidak bisa mengharapkan keajaiban terjadi dalam semalam, diperlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mencapai situs web dengan grafik hasil teratas. 

Tidak ada cara pasti untuk mencapai ini; namun, kombinasi beberapa cara dapat membantu Anda mencapai peringkat yang lebih tinggi dengan cara yang dapat diperhitungkan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menerapkan SEO dalam proyek desain web Anda:

- Melayani audiens yang besar

SEO organik, dan saat situs Anda naik peringkat, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas atau trafik. Studi yang terkait dengan berbagai faktor SEO (pembuatan tautan, konten yang melibatkan pengguna, dan sebagainya) menunjukkan bahwa situs yang terlihat di beberapa halaman pertama hasil mesin pencari mengumpulkan lebih banyak lalu lintas daripada yang lain. 

Misalnya, jika pengguna ingin membeli sepatu kets secara online, mereka biasanya mengklik tautan situs yang muncul di SERP pertama atau kedua tanpa harus menggulir sisanya; mereka tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu berharga mereka dan mencari penyelesaian yang cepat. 

Tidak hanya trafik yang akan meningkat sebagai akibat penggunaan dari SEO, tetapi rekomendasi dari pengguna yang mengunjungi situs web Anda akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak hits dan menarik pelanggan baru (banyak tergantung pada konten atau apa yang ditawarkan—Anda akan mempelajarinya di bab-bab berikutnya). 

Jangkauan dan cakupan yang Anda capai dengan menerapkan SEO mengarah ke audiens target yang lebih besar.

- Hasil permanen

Saat Anda menggunakan iklan pay per click (PPC), situs Anda muncul di bagian atas SERP; namun, saat Anda berhenti membayar iklan, situs tersebut tidak akan terlihat lagi. Di sisi lain, hasil SEO tidak bergantung pada iklan, dan dengan pemeliharaan yang efisien, situs Anda akan muncul di puncak tangga lagu tanpa harus beriklan. 

Anda tidak membayar Google atau vendor iklan untuk mencapai posisi teratas di SERP. (Perhatikan bahwa kadang-kadang, Anda mungkin memerlukan layanan dari agen pemasaran digital karena berbagai alasan, seperti menyediakan konten berkualitas secara teratur atau mendapatkan iklan dan eksposur online yang lebih baik.

Biaya implementasi rendah: Pada hari-hari sebelumnya, konsultan pemasaran menganjurkan penggunaan brosur, iklan, dan televisi untuk mengiklankan produk. Jumlah uang yang dihabiskan untuk iklan sangat besar. 

Saat ini, membuat dan menghosting situs web tidaklah mahal. Mempekerjakan pakar pemasaran digital atau menggunakan layanan dari organisasi SEO profesional dapat menjadi pilihan yang layak, tergantung pada lini bisnis atau niche Anda. Dalam jangka panjang, Anda dapat menstabilkan posisi situs Anda di antara hasil pencarian dengan pemeliharaan minimum, dan pada akhirnya anda akan untung dari keuntungan atas investasi Anda untuk penerapan SEO.

- Data dan analitik

Sebelumnya, data digunakan untuk laporan bulanan, tahunan, dan penjualan oleh petinggi organisasi. Namun, data digunakan sebagai alternatif akal dengan munculnya ilmu data. Data membantu Anda mendapatkan wawasan tentang preferensi pelanggan, tren pemasaran, dan banyak lagi. Anda bisa mendapatkan analisis mendetail yang membantu Anda menentukan faktor yang mengubah permainan untuk bisnis Anda.

Misalnya, Google Analytics dan Google Search Console memungkinkan Anda mengumpulkan data yang dapat membantu Anda memahami aspek dan kelemahan utama yang terkait dengan visibilitas situs Anda. Anda juga dapat melihat konversi dan rasio pentalan untuk pengguna yang mengunjungi situs web Anda.

Misalnya, Anda dapat menilai dengan lebih baik jumlah pengguna yang benar-benar membeli sesuatu di situs web Anda vs. mereka yang mengunjungi tetapi tidak melakukan transaksi.

- Tetap unggul dalam persaingan Kata Kunci

Sejumlah besar alat yang membantu SEO misalnya, Google Analytics dan Google Search Console memungkinkan Anda melihat hasil dan laporan tidak hanya untuk situs web Anda tetapi juga untuk situs yang dimiliki oleh pesaing Anda. Oleh karena itu, Anda dapat membandingkan hasil Anda dengan pesaing Anda. Anda menerima statistik tentang berbagai aspek bisnis pesaing Anda, seperti penggunaan kata kunci tertentu, faktor pelokalan, dan analitik. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor kompetitif yang penting dan menghindari pesaing Anda.

Kegunaan SEO Search Engine Optimization

SEO dan pengalaman pengguna berjalan beriringan. Masa depan SEO condong ke arah menciptakan pengalaman pengguna yang ditingkatkan. Misalnya, tautan internal di situs web Anda yang mengarah ke halaman dan konten yang relevan tidak hanya membantu mesin telusur merayapi situs Anda, tetapi juga menghasilkan navigasi yang mudah. Pada akhirnya, implementasi SEO tidak boleh hanya fokus pada mesin pencari, tetapi pada persyaratan dan niat pengguna. \

Dengan mengingat gambaran luas ini, menarik pengguna dengan konten dan desain yang menarik adalah ciri SEO yang direkomendasikan yang, pada gilirannya, bertujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa. Misalnya, Google menganjurkan situs ramah seluler dan memberi peringkat lebih tinggi pada situs tersebut, karena seluler telah menjadi platform de facto untuk bisnis dibandingkan dengan situs berbasis desktop atau laptop.

SEO Membantu Content Marketing dan branding

Pengguna cenderung menjelajahi situs web yang ditemukan di antara hasil pencarian berperingkat lebih tinggi. Google mendorong kepatuhan terhadap semantik dan perencanaan yang bersih sebagai lawan dari teknik curang yang digunakan oleh situs web berisi spam.

Oleh karena itu, jika halaman Anda berada di antara hasil pencarian peringkat teratas, itu mencerminkan kepercayaan dan kredibilitas tertentu. Selain itu, pandangan bahwa"konten adalah raja" akan mendorong konten yang lebih segar dan menarik pengguna, menghasilkan pengoptimalan konversi. 

Ketika waktu semakin berlalu, begitu juga seiring dengan kredibilitas situs web Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memastikan bahwa branding produk di situs Anda tepat, sehingga menghasilkan penjualan yang lebih baik.

Inilah sebabnya mengapa usaha kecil dan menengah lebih fokus pada implementasi SEO (dibandingkan dengan organisasi skala besar, yang memiliki dana untuk beriklan melalui beberapa saluran) menggunakan lokalisasi dan teknik lain yang menghasilkan kesadaran merek.

Tantangan dalam Belajar SEO

Belajar SEO itu tidak mudah. Dunia SEO memiliki rintangannya sendiri. Namun asyik jika diikuti. Berikut ini adalah berbagai tantangan yang mungkin Anda temui saat menerapkan SEO dalam website dan blog Anda:

+ Kendala waktu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kebanyakan orang mengharapkan penerapan SEO agar memberikan hasil yang cepat. Namun pada kenyataannya, perul waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk melihat hasil yang positif dari penerapan SEO. 

Seorang konsultan SEO sejati selalu menggunakan taktik yang legal dan tidak mencoba untuk menipu mesin pencari. Memang, menggunakan taktik licik dapat membantu Anda mendapatkan hasil meningkatkan trafik dengan cepat, tetapi tidak akan lama, dan anda akan segera menerima akibatnya, seperti situs web tidak terindeks di mesin pencari sampai akun adsense di banned oleh google.

Pelanggaran dapat merugikan Anda. Beberapa hukuman relatif ringan: situs Anda tidak ditampilkan di hasil teratas karena diturunkan. Tapi ada juga hukuman berat, termasuk menghapus situs Anda dari hasil pencarian (tergantung tingkat pelanggarannya).

+ Menghindari konten spam yang tidak relevan

Content is king! ya Konten adalah raja, seperti yang akan sering Anda dengar dalam pelatihan dan tutorial SEO. Nah, situs web berbasis konten biasanya berjalan dengan baik dengan penerapan SEO, asalkan kontennya menarik dan relevan. 

Cukup menjejali konten Anda dengan kata kunci, mungkin tidak menghasilkan hasil yang baik. Anda perlu memahami maksud pengguna melalui kueri mereka alih-alih berfokus pada apa yang disukai mesin telusur. 

Misalnya, jika situs Anda mengiklankan layanan pipa ledeng di Jakarta, maka menggunakan konten yang tidak relevan seperti ulasan smartphone atau liburan di Bandung, itu akan menyesatkan.

Fokus konten tidak boleh mengganggu pengguna. Pengguna harus menerima informasi yang mereka harapkan saat menjelajahi situs web Anda.

Selain itu, faktor-faktor seperti manipulasi konten, pembuatan tautan yang agresif, dan konten yang buruk pada akhirnya dapat terbukti merugikan.

Mesin pencari menyukai konten segar. Oleh karena itu, jika konten Anda tidak update dalam waktu yang lama, atau jika Anda telah menggunakan konten duplikat dari situs web lain, situs Anda tidak akan muncul di hasil teratas.

+ Desain situs web yang menarik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEO dan pengalaman pengguna (UX) berjalan beriringan. Menerapkan SEO dalam proyek setelah situs web dirancang dapat menyebabkan hasil yang mengecewakan. 

Saat membangun situs web, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor penting untuk desain SEO dan UX. Misalnya, pada situs e-commerce, fasilitas checkout sangat penting terlihat jelas, karena beberapa pengguna hanya memilih item dan kemudian ingin check out. 

Jika pengguna tidak dapat menemukan fasilitas checkout dengan mudah, ini menghasilkan navigasi yang tidak efisien, yang mengarah ke UX yang buruk. Pengguna tidak akan mengunjungi situs web lagi jika mereka mengalami kesulitan menavigasinya.

+ Loading web Lambat

Menjejalkan situs web Anda dengan fitur sebanyak mungkin atau terlalu banyak konten dapat memengaruhi pengalaman pengguna secara signifikan.

Loading yang lambat menyebabkan waktu pemuatan halaman yang berlebihan, dan penelitian menunjukkan bahwa pengguna mengabaikan pencarian jika waktu pemuatan halaman tidak optimal. Pemanfaatan ruang yang tepat, arsitektur situs yang efisien, dan desain yang ramah pengguna, bersama dengan konten yang relevan, akan merampingkan pengalaman pengguna, mendorong pengguna untuk kembali ke situs anda.

Contoh yang sangat baik adalah beranda Google, www.google.com.
Ada kotak pencarian di tengah layar; pengguna, saat mengunjungi halaman, masukkan istilah pencarian di dalam kotak. Sebagian besar pengguna akhirnya melakukan apa yang diharapkan Google: mencari informasi. Tidak ada gangguan di halaman. Pendekatan ini berhasil karena tidak ada banyak atau kekacauan yang menghalangi pengguna saat mereka mengunjungi situs.

+ Produk cacat

Pelanggan adalah hal terpenting bagi bisnis, dan umpan balik serta rekomendasi mereka sangat penting.
Jika kualitas produk Anda tidak sesuai standar, kemungkinan besar pengguna tidak akan kembali, terlepas dari konten situs web Anda.

Permintaan maaf tidak masalah dalam kasus produk cacat atau pengalaman pelanggan yang buruk. Oleh karena itu, kualitas produk yang Anda pamerkan serta resolusi masalah yang efisien sangat penting dalam menghasilkan lalu lintas pengguna ke situs web Anda.

Post a Comment for "Apa itu SEO Search Engine Optimization"