Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Black-Hat SEO dan White-Hat SEO

Black-hat SEO

Black-hat SEO dapat diartikan sebagai teknik menipu dan curang, yang dipakai untuk meningkatkan ranking ke peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian (SERP). Kebanyakan orang cenderung meremehkan potensi mesin pencari dalam menentukan apakah teknik yang digunakan tepat atau menipu. Jika anda belum tahu apa itu SEO, silakan simak artikel Apa itu SEO Search Engine Optimization.

Namun, mesin pencari semakin pintar dari hari ke hari, selalu update algoritma dan dapat mengetahui apakah Anda menggunakan taktik dan strategi yang tidak tepat untuk menipu mereka.

Apa itu Black-Hat SEO dan White-Hat SEO
Apa itu Black-Hat SEO dan White-Hat SEO?

 Black-hat SEO mungkin mendapatkan hasil dalam jangka pendek, tetapi pada akhirnya Anda akan dihukum oleh mesin pencari. Berikut ini adalah beberapa cara teknik ini diterapkan:

• Memasukkan kata kunci ke dalam konten: 

Menggunakan sejumlah besar kata kunci dalam konten Anda dapat mencapai keuntungan jangka pendek. Namun, jika kata kunci tidak relevan dengan konten Anda dan ditempatkan di sana hanya untuk mengelabui mesin pencari, maka pada akhirnya situs Anda mungkin akan dikenakan sanksi. Ingat, SEO adalah tentang kualitas, bukan kuantitas; jika konten Anda tidak cukup baik dan dikemas dengan kata kunci, situs Anda mungkin tidak terlihat di hasil pencarian teratas karena Anda sedang dihukum oleh mesin pencari.

• Link farming

Membeli link tidak akan membuahkan hasil, karena mesin pencari akan tahu bahwa Anda memanipulasinya. Menggunakan tautan yang tidak pantas yang mengarah ke situs web Anda hanya akan merugikan, karena mesin pencari akan menyadari bahwa tautan tersebut tidak memiliki relevansi dan tidak asli. 

Misalnya, situs Anda menawarkan layanan pipa ledeng kepada orang-orang di Jakarta. Jika beberapa tautan di situs web wisata mengarah ke situs Anda, itu tidak masuk akal: layanan wisata sama sekali tidak ada hubungannya dengan layanan pipa ledeng. 

Menggunakan teknik menipu seperti itu dapat memiliki konsekuensi jangka panjang dan bahkan dapat mengakibatkan situs Anda dihapus dari hasil penelusuran.

• Doorway pages and cloaking

Doorway pages digunakan untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian dengan cara yang menipu. Halaman-halaman ini berisi kata kunci dan frase yang diambil oleh bot dan crawler mesin pencari. Setelah Anda mengklik untuk mengakses halaman, Anda akan diarahkan ke halaman sebenarnya yang pemilik situs ingin Anda kunjungi. 

Cloaking adalah mekanisme yang membuat halaman terlihat oleh mesin pencari tetapi tidak oleh pengguna situs web. Teknik picik ini dapat terbukti merugikan dalam jangka panjang. Google telah mengumumkan hukuman untuk penggunaan doorways, pengalihan yang menipu, dan penyelubungan.

Ada lebih banyak lagi tentang black-hat SEO, yang akan Anda pelajari di bab-bab selanjutnya. 

White-hat SEO

White-hat SEO adalah kebalikan dari black-hat SEO dan berfokus pada penggunaan taktik organik yang optimal untuk membantu peringkat situs Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian. Biasanya itu berarti mengikuti pedoman yang diberikan oleh mesin pencari dan bermain sesuai aturan. 

Faktor-faktor seperti pembuatan tautan berkualitas, konten yang menarik pengguna, dan kinerja optimal adalah beberapa strategi SEO topi putih yang digunakan oleh konsultan SEO untuk merampingkan aksesibilitas dan visibilitas dalam peringkat pencarian. Singkatnya, Anda harus fokus pada niat pengguna daripada mencoba menipu mesin pencari.

Post a Comment for "Apa itu Black-Hat SEO dan White-Hat SEO"