Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Link Building

Link Building adalah metodologi yang menghasilkan halaman eksternal dari situs lain untuk mengarah ke situs web blog Anda. Link Building dapat berupa link dari blog, afiliasi, atau sumber yang relevan.  Inbound links atau Tautan masuk membantu mesin telusur memahami popularitas suatu situs dan karenanya Link Building menjadi penting.

Cara meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Link Building
Cara meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Link Building

 Note: artikel ini cukup panjang, jadi siapkan kopinya dulu yaa...

Karena setiap link yang masuk ke situs menghasilkan peningkatan SEO untuk situs web tersebut, link tersebut meningkatkan peringkat secara signifikan. 

Sayangnya, pada suatu waktu, pakar SEO menyalahgunakan kekuatan faktor ini dan menganjurkan penggunaan teknik curang untuk memanipulasi SERP, seperti link farming, yang menyertakan banyak situs eksternal yang mengarah ke situs yang tidak memiliki relevansi dengan halaman. 

Dengan kata lain, tautan dari ratusan situs mengarah ke situs target hanya untuk meningkatkan peringkat SEO situs tersebut. Akibatnya, Google secara khusus menindak perilaku ini dan memberikan hukuman, karena taktik ini mengalahkan tujuan pengguna mendapatkan informasi yang relevan dan bermakna dalam hasil pencarian mereka.

Namun, mendapatkan backlink dari situs lain adalah faktor peringkat utama dan sangat penting untuk proses SEO situs mana pun. Dengan demikian, konsep baru untuk mengikuti dan tidak mengikuti tautan telah ditetapkan.

Follow links dianggap oleh mesin pencari dan menghasilkan peringkat halaman yang lebih tinggi.

Di sisi lain, tautan no-follow tidak dianggap berharga oleh Google dan mesin telusur lainnya sehingga tidak terlalu berpengaruh dalam meningkatkan SEO.

Misalnya, bagian referensi di Wikipedia digunakan untuk mempromosikan situs pribadi, yang mengarah ke tautan yang tidak relevan. Oleh karena itu, Wikipedia menetapkan metode larangan mengikuti ke bagian referensi untuk mencegah orang menggunakan platform Wikipedia untuk teknik black hat

Tetapi Anda harus ingat bahwa tautan no-follow bukannya tidak berharga—jika tautan itu asli dan mengingat maksud pengguna, tautan tersebut masih dapat menghasilkan trafic pengunjung yang substansial untuk sebuah situs, sehingga membuka peluang untuk meningkatkan peringkat situs. 

Jika tautan link bermanfaat, pengguna akan memeriksa dan merekomendasikan situs Anda, menghasilkan lalu lintas yang efektif. Trafic backlink sangat berharga, jika Anda mempertimbangkan perspektif pengguna. Jadi, Anda tidak dapat mengabaikan sepenuhnya efek dari tautan no-follow ketika datang ke penerapan SEO.

Umumnya, pakar SEO merekomendasikan profil tautan alami dengan keseimbangan yang sehat antara do follow dan no follow serta otoritas domain untuk meningkatkan proses SEO Anda.

Faktor Penting untuk Membangun Link Building

Bagian ini membahas faktor-faktor yang berperan dalam membangun backlink. Daripada berfokus pada kuantitas atau jumlah backlink, pembuatan link lebih berdasarkan kualitas. Sebelum Anda mempelajari cara mendapatkan backlink berkualitas, Anda perlu memahami faktor-faktor ini dan mengapa faktor-faktor ini penting dari perspektif SEO. 

Relevansi

Relevansi sangat penting untuk membangun link. Misalnya, Anda memiliki situs web yang melayani bisnis pipa ledeng. Tautan dari situs eksternal yang melayani bisnis lantai, peralatan pemipaan, dan wiki pemipaan lebih berbobot daripada tautan dari situs tidak relevan yang berfokus pada turis, penerbangan, hotel, dan sebagainya. 

Mesin pencari semakin pintar dan memahami relevansi lebih baik daripada hari-hari sebelumnya. Google dan mesin pencari lainnya menghargai relevansi dan pembuatan tautan khusus topik lebih dari sebagian besar faktor SEO lainnya.

Lokalisasi adalah atribut lain yang relevan. Misalnya, tautan dari produsen peralatan pipa ledeng di Jakarta lebih relevan dengan situs pipa ledeng di Bandung daripada produsen peralatan pipa ledeng di Surabaya.

Kepercayaan dan Popularitas

Pembuatan tautan backlink memperhitungkan keandalan dan popularitas situs web eksternal yang mengarah ke situs Anda. Misalnya, jika situs Anda terkait dengan pengembangan perangkat lunak atau desain web, tautan dari domain seperti Stack Overflow memiliki bobot lebih daripada situs yang baru dibuat.

Tautan Media Sosial

Mendapatkan tautan backlink masuk dari platform media sosial adalah hal yang diberikan dan bukan lagi pilihan.

Pada suatu waktu, platform media sosial seperti Facebook dan Twitter tidak begitu penting; tetapi dengan munculnya jejaring sosial, ini telah berkembang menjadi faktor penting. Anda tidak dapat mengabaikan platform media sosial.

Misalnya, tautan backlink dari halaman produk di Facebook ke situs e-niaga yang menghosting produk serupa pasti membantu dan juga meningkatkan visibilitas situs Anda ke khalayak luas. Contoh lainnya adalah tautan dari situs seperti Zomato, Foursquare, atau TripAdvisor yang mengarah ke situs restoran atau hotel, sehingga meningkatkan lalu lintas secara signifikan.

Konten Interaktif

Meskipun teks itu penting, konten saat ini lebih didasarkan pada media yang intuitif dan interaktif seperti infografis, video, dan gambar. Tautan backlink dari halaman eksternal dengan konten media yang efisien menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda dan tentunya menjadi faktor pendorong untuk pembuatan tautan. 

Misalnya, Anda memiliki situs yang menjual periferal dan perangkat keras komputer. Situs yang berisi tips dan video troubleshooting peripheral komputer lebih disukai dan asyik untuk ditonton, selain informatif. Oleh karena itu, tautan dari situs-situs ini menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan sangat penting dari sudut pandang pengguna. 

Spam

Tautan backlink dari situs berisi spam jelas tidak boleh karena menghasilkan penalti. Misalnya, situs dengan adware atau malware yang mengganggu pengguna. Mesin pencari dengan cepat mengendus situs-situs ini, dan jika situs Anda menerima tautan dari situs tersebut, SERP situs Anda akan terganggu.

Perilaku spam lainnya adalah membanjiri halaman Anda dengan tautan masuk dari sumber yang tidak relevan dalam upaya membuat situs Anda populer. Akhirnya mesin pencari akan mengetahui penipuan ini. Anda bahkan dapat dihapus dari SERP. 

Otoritas Domain/ Domain Authority

Domain Authority merupakan faktor penting dalam membangun tautan. Situs seperti Stack Overflow telah beroperasi selama satu dekade. Oleh karena itu, situs-situs ini memiliki tingkat keandalan yang lebih tinggi—namun bukan itu saja. Sebagian besar domain populer telah ada cukup lama dan ditautkan ke situs yang relevan. Jus tautan yang disebarkan oleh domain-domain ini berguna karena situs-situs ini telah memantapkan dirinya sendiri.

Studi menunjukkan bahwa situs web baru yang menerima tautan balik dari situs resmi lebih terlihat dan mungkin mendapat peringkat lebih awal di SERP dibandingkan dengan situs yang menerima tautan dari situs yang tidak dikenal. Selain itu, ditautkan ke situs yang dipenuhi malware dapat mengakibatkan situs Anda dihapus dari SERP; tetapi jika situs seperti Stack Overflow atau Quora menerima tautan masuk dari situs berisi spam, situs tersebut memiliki miliknya sendiri.

Tip: Ingat atribut follow dan nofollow yang dijelaskan sebelum artikel ini. Situs Anda bisa mendapatkan backlink yang substansial meskipun atribut no-follow ditetapkan oleh pemilik situs dan moderator dari portal tepercaya ini.

Konten yang Menarik Pengunjung

Popularitas tautan Anda juga didasarkan pada konten informatif yang ditemukan di situs web Anda. Jika kontennya top-notch, blogger, influencer, dan pakar materi pelajaran akan menautkan ke situs Anda. Misalnya, orang menautkan ke Stack Overflow untuk kiat pemecahan masalah dan artikel informatif. Situs web semacam itu sering dirujuk dan oleh karena itu dianggap lebih dapat diandalkan
karena konten mereka yang melibatkan pengunjung.

Tautan dan Fresh Konten

Aspek lain adalah kesegaran link. Jika informasi di situs Anda dan backlink ke situs Anda sudah lama dibuat, hanya ada sedikit keterlibatan pengguna. Fresh Konten halaman merupakan faktor utama dalam membangun tautan. Anda selalu dapat membuat tautan baru dan memperbarui konten Anda untuk menerima lebih banyak tautan dari orang-orang di industri khusus Anda. Misalnya, Zurb Foundation 6adalah rilis terbaru dari para pendiri framework.

Jika situs Anda memiliki konten informatif tentang Zurb Foundation 4, lebih sedikit orang yang akan menautkannya, karena ini adalah versi lama dan jarang digunakan. Namun, jika Anda memperbarui konten ke Zurb Foundation 6 dan memperkenalkan tautan baru bagi orang untuk mengakses konten tersebut, lebih banyak orang akan menautkan ke situs Anda karena kontennya yang segar dan terkini.

Sumber Daya dan Utilitas Link Building

Sekarang setelah Anda melihat faktor utama pembuatan tautan, Anda memahami sumber daya yang dapat mengoptimalkan pembuatan tautan Anda dan menghasilkan lalu lintas yang lebih tinggi, menghasilkan lebih banyak prospek dan pada akhirnya pendapatan yang lebih tinggi untuk organisasi Anda. 

Meskipun banyak pakar SEO menyarankan untuk menggunakan campuran teknik topi putih, topi hitam, dan topi abu-abu untuk membangun tautan, lebih baik menjauhi teknik topi hitam dan topi abu-abu karena teknik tersebut pasti akan ditemukan dan memimpin. untuk hukuman dari mesin pencari (terutama Google). Kami hanya membahas teknik white-hat, karena kami yakin melakukan riset dan tidak manipulatif adalah kunci sukses SEO.

Bagian ini membahas sumber daya berikut yang dapat menghasilkan pengoptimalan maksimum dari strategi membangun tautan Anda:

  • Strategi berbasis konten
  • Kampanye penjangkauan melalui email
  • Metode guest post
  • Forum, RSS feed, dan blogging
  • Media sosial, bookmark sosial, dan direktori web
  • Berjejaring dengan influencer dan pakar materi pelajaran
  • Riset berbasis pesaing

Strategi Berbasis Konten

Konten yang relevan adalah raja, dan penerapan SEO apa pun tidak lengkap tanpa konten yang melibatkan pengguna. Jika konten Anda terkemuka, mungkin itulah yang dicari pengguna.
Gunakan media interaktif seperti infografis dan video dalam konten halaman Anda. Izinkan pengguna dan pembaca untuk menyematkan konten tersebut di halaman web dan blog mereka, yang akan ditautkan kembali ke situs Anda.

Gunakan kata-kata inovatif yang unik dan menarik, sehingga membangun kepribadian situs Anda dan tim di belakangnya. Adakan kontes yang melibatkan pengguna dan sertakan kesepakatan kontekstual dalam konten Anda. Misalnya, jika situs Anda ingin menyewakan alat musik, adakan kontes dan poskan kuis yang menjangkau basis pengguna yang besar.

Jika situs Anda informatif, buat tutorial dan video pembelajaran untuk melibatkan pengguna secara positif. Moderasi ulasan dan jawab pertanyaan pelanggan di situs web Anda sehingga Anda sinkron dengan pengguna dan tunjukkan bahwa Anda peduli. Gunakan Google Hangouts dan alat lainnya, seperti Skype, untuk terhubung dengan pengguna untuk UX yang lebih baik. 

Pendekatan ini mendorong pelanggan dan pengguna untuk menautkan ke situs Anda dan akan meningkatkan lalu lintas secara signifikan. Selalu perbarui pelanggan Anda tentang produk terbaru, dan minta mereka untuk menautkan kembali ke situs Anda, sehingga meningkatkan interaksi.

Kampanye Penjangkauan Email

Meskipun beberapa pakar SEO skeptis tentang metode penjangkauan email, ini adalah cara yang luar biasa untuk mendapatkan backlink. Buat template luar biasa yang menarik dan kreatif selain menggunakan konten bernada tinggi.

Temukan tautan rusak di situs target Anda menggunakan alat seperti Open Site Explorer, dan dekati webmaster situs tersebut. Setelah Anda memberi tahu mereka tentang tautan yang rusak, Anda dapat meminta melalui email agar mereka mengganti tautan tersebut dengan tautan ke situs Anda atau, lebih baik lagi, gunakan teks jangkar yang sama untuk menautkan kembali ke konten serupa di situs Anda. 

Jika kontennya cukup bagus dan segar, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa webmaster situs akan menautkan kembali ke situs menggunakan tautan tersebut. Berinteraksi dengan dan berikan saran kepada webmaster situs tersebut mengenai teknik yang dapat meningkatkan SEO mereka. Minta mereka untuk membuat backlink ke situs web Anda. 

Jika situs Anda memiliki konten yang informatif, Anda dapat mencantumkan manfaatnya dan mendorong webmaster situs target untuk menautkan kembali ke situs tersebut. Misalnya, menghubungi situs pendidikan berbasis desain web untuk menautkan kembali ke tutorial dasar di situs Anda yang akan mendorong mereka untuk menautkan kembali ke situs Anda.

Anda dapat menemukan banyak template email di web yang dapat Anda sesuaikan dan kirim ke calon audiens Anda. Seperti yang disebutkan, pakar SEO berdebat tentang kelayakan penjangkauan email, tetapi taktik ini bekerja pada tingkat mikro dan Anda mungkin mendapat tanggapan yang baik dari orang-orang di industri khusus Anda.

Kami merekomendasikan templat untuk kampanye penjangkauan email yang ditemukan di situs web Quick Sprout oleh Neil Patel, yang merupakan pakar materi pelajaran di industri ini. Tautan berikut menunjuk ke panduan yang sangat berguna: https://www.quicksprout.com/2012/12/07/the-link-builders-guide-to-e-mail-outreach/

Metode Metode guest post

Posting tamu jelas merupakan peluang yang tidak ingin Anda abaikan dalam strategi membangun tautan Anda. Cari tahu target audiens dan calon pembaca untuk posting tamu Anda. Anda dapat menggunakan string pencarian seperti (Kata Kunci Anda) + Posting Tamu, (Y Kata Kunci Anda) + Kirim Posting, (Kata Kunci Anda) + Posting Blogger, dan (Kata Kunci Anda) + Tips dan Pemecahan Masalah blog tamu, untuk menyebutkan beberapa.

Gunakan Google, Twitter, dan Pinterest untuk menemukan kiriman tamu terbaru dan konten interaktif bersama dengan tweet, yang membuka banyak kemungkinan untuk kiriman tamu.

Anda dapat menemukan posting tamu oleh penulis lain, yang akan membantu Anda menemukan peluang posting tamu untuk ceruk itu. Setelah Anda mendapatkan informasinya, mulailah posting tamu di jalan tersebut. Akui tweet atau komentar dari penulis tamu lain dan kirimkan permintaan kepada mereka untuk menautkan kembali ke situs Anda. Anda bahkan dapat menyelundupkan tautan ke situs web Anda ke dalam posting tamu tersebut. Pastikan Anda tidak memposting apa pun yang tidak relevan atau tidak kontekstual.

Misalnya, Anda dapat mengetikkan tautan tutorial HTML lanjutan Anda di kiriman tamu di situs pendidikan desain web. Anda juga dapat memberikan pemecahan masalah kesalahan kode, tip dan trik untuk menyempurnakan kode HTML, atau tautan ke video yang menjelaskan aspek perancangan, mendorong tautan balik dari audiens yang dituju.

Posting tamu di domain otoritas seharusnya memiliki peluang lebih baik untuk memperoleh backlink. Misalnya, kiat pemecahan masalah tentang gaya CSS untuk kesalahan pengkodean di Stack Overflow dapat memberi Anda lebih banyak tautan balik dari calon pembaca dan pakar materi pelajaran dari industri desain web, yang selalu mencari solusi untuk masalah.

Memperkenalkan backlink di posting Anda atau mengirim permintaan ke audiens target adalah cara yang baik untuk mendapatkan backlink.

Forums, RSS Feeds , and Blogging

Forum dan komunitas online adalah cara terbaik untuk membangun hubungan baik dengan para profesional yang berpikiran sama. Jadilah aktif dan berpartisipasi dalam tanya jawab, termasuk Anda
saran tentang topik yang sedang dibahas, melakukan diskusi online, dan mencoba menjadi sumber informasi yang andal bagi pengguna. Relevan, dan jangan coba-coba spam forum, karena spamming akan menyebabkan situs Anda dihapus dari daftar moderator forum. 

Setelah Anda diterima oleh pengguna forum sebagai orang yang masuk ke topik tersebut, Anda dapat meminta tautan kembali ke situs Anda. Jangan terlalu mengoptimalkan di forum, dan hargai posting forum yang bagus karena dapat memperluas jaringan Anda secara signifikan.

Umpan RSS adalah utilitas luar biasa lainnya untuk membangun tautan. Jika pengguna menggunakan konten di situs Anda, Anda dapat meminta link kembali ke halaman situs Anda. Wordpress dan platform CMS lainnya memiliki fasilitas umpan RSS, dan dengan menggunakan ekstensi dan plugin, Anda dapat memastikan bahwa tautan ditambahkan ke blog Anda untuk setiap posting. 

Kirimkan umpan RSS Anda ke direktori RSS seperti Blogdigger, FeedListing, dan RSSFeeds.org untuk lebih banyak pemaparan, menghasilkan jus tautan untuk umpan Anda yang ditautkan ke bagian posting Anda.

Blogging juga merupakan faktor penting dalam mendapatkan link juice untuk situs Anda. Anda dapat menanggapi konten khusus topik di blog pihak ketiga dan pada akhirnya memperluas jaringan Anda. Anda dapat membuat blog yang melibatkan pengguna untuk berbagai produk. Buat blog tidak hanya untuk situs Anda tetapi juga untuk pengguna lain, dan tukar link dengan mereka. Jangkau dan berikan tautan ke blog tepercaya yang khusus untuk ceruk pasar Anda; ini akan membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di komunitas Anda, setelah itu Anda dapat meminta tautan balik ke situs Anda.

Kirimkan blog Anda ke direktori seperti Blogdigger untuk lebih banyak link juice dan eksposur.
Buat blog yang bermanfaat untuk konten menarik seperti "Tren Mode Teratas di 2016" atau "15 tip dan trik untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi Kata Kunci SEO Anda" atau "20 Hotel Teratas di London", tergantung pada ceruk pasar Anda.

Blogging adalah tentang kredibilitas dan keandalan. Setelah Anda memiliki pijakan di blog untuk ceruk atau kategori produk terkait, Anda dapat mengharapkan lebih banyak tautan ke situs Anda secara alami. (Anda selalu mendapatkan apa yang Anda berikan.)

Media Sosial, Social Bookmarking, dan Direktori Web

Media sosial, bookmark sosial, dan direktori web juga merupakan sumber potensial untuk membangun tautan. Platform media sosial dapat digunakan untuk tautan ke situs Anda atau mengiklankan produk dan layanan Anda. Anda dapat membangun hubungan dengan profesional yang berpikiran sama melalui percakapan di Twitter. Publisitas dari mulut ke mulut dari pengguna melalui portal seperti Facebook dan Google+ dapat sangat baik untuk bisnis Anda, dan pengguna akan menautkan kembali ke situs Anda. Terhubung dengan pengguna menggunakan Google Hangouts, dan balas ulasan atau masukan mereka.

Promosikan survei dan formulir umpan balik di situs media sosial. Anda dapat mengirim kupon diskon atau penawaran menggunakan situs seperti Groupon dan, pada saat yang sama, gunakan teks jangkar di dalamnya yang mengarah ke situs Anda. Anda dapat memanfaatkan manfaat Reddit dan Pinterest untuk memajukan tujuan Anda di ceruk pasar Anda. Membangun kesadaran merek juga dimungkinkan melalui platform ini, dan pengguna akan menautkan kembali ke situs Anda bergantung pada kualitas produk dan UX mereka.

Direktori web berguna dalam hal membangun tautan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari eksposur mereka (meskipun kurang dari media sosial) dan menggunakan backlink ke situs Anda.
Ada beberapa direktori web khusus untuk berbagai kategori atau ceruk. Mengiklankan situs atau merek Anda di direktori ini berguna, dan tautan balik di direktori ke situs atau halaman produk Anda dapat menghasilkan lebih banyak jus tautan.

Berjejaring dengan Influencer dan Pakar Subyek

Influencer dan pakar materi pelajaran (UKM) adalah roda penggerak penting dalam proses membangun tautan Anda. Bangun hubungan dengan awalnya menghubungi mereka melalui portal seperti LinkedIn. Anda juga dapat menanggapi tweet Twitter mereka (pastikan tweet dan tanggapan Anda kredibel dan asli). Berinteraksi dengan mereka di forum dan komunitas online tertentu. Berkontribusi dan berikan saran di ceruk pasar Anda.

Misalnya, menjelaskan hal-hal tertentu (seperti memecahkan masalah kerangka kerja, menjelaskan teknik pengkodean, atau merekomendasikan alat pengembangan perangkat lunak) di Stack Overflow atau menjawab pertanyaan khusus topik (seperti bahasa pemrograman mana yang terbaik untuk membuat platform e-niaga) di Quora dapat banyak membantu dalam jejaring sosial.
Penjangkauan email menggunakan email yang menarik adalah cara lain untuk berkomunikasi dengan mereka.

Orang-orang ini memiliki otoritas tertentu di ceruk mereka, jadi Anda perlu memastikan komunikasi Anda dengan mereka relevan dan langsung ke intinya. Jangan menggunakan tindakan anak-anak seperti menanggapi setiap tweet atau tanggapan, yang dapat menjadi bumerang. 

Pendekatan Anda harus bermakna, dan Anda harus benar-benar mendapatkan tautan Anda dengan para ahli ini.Tutupi topik yang dapat berguna bagi pembaca dalam kategori niche Anda, dan tinggalkan komentar atau video berwawasan yang benar-benar dapat menjadi sumber yang baik bagi pembaca untuk membuktikan keandalan Anda. 

Kirim tautan ke blog para pemberi pengaruh ini ketika pengguna menginginkan informasi yang berkaitan dengan ceruk atau kategori produk Anda. Berkolaborasi dengan para ahli dalam acara dan promosi prapeluncuran, dan dapatkan kredibilitas melalui daya tarik sosial. Jadilah otentik dan tidak memaksa.

Berlangganan umpan RSS mereka dan buat konten yang bagus untuk memajukan tujuan Anda. Akhirnya, Anda dapat meminta tautan balik ke halaman Anda yang relevan dengan produk atau layanan dan meminta rekomendasi dan saran dari mereka.

Riset Berbasis Pesaing/ kompetitor

Penelitian berbasis pesaing selalu diperlukan dalam hal membangun tautan yang efektif.
Anda dapat mengetahui backlink apa yang diterima oleh pesaing Anda dan menyimpan interaksi tersebut untuk menganalisis calon audiens dan kelompok pengguna. Anda juga dapat mempelajari tentang mitra atau afiliasi mereka di ceruk itu.

Pesaing memiliki orang yang bekerja dengan mereka dan memasok barang atau jasa. Cari tahu lebih lanjut tentang pesaing tidak langsung ini. Pertimbangkan contoh bisnis pipa ledeng.

Item yang berhubungan dengan perpipaan seperti keran air dan pipa dipasok oleh produsen untuk pesaing perpipaan Anda. Dengan terhubung dengan produsen, Anda dapat memperoleh lebih banyak keterpaparan dan meminta mereka untuk merekomendasikan bisnis Anda dengan memberikan backlink ke situs Anda.

Ingat juga bahwa pelokalan memainkan peran penting. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang bisnis pesaing Anda di sekitar Anda, seperti yang menawarkan layanan pipa ledeng. Terhubung dengan penulis yang telah merekomendasikan pesaing Anda atau berinteraksi dengan mereka melalui produk atau layanan mereka. Setelah Anda membuat koneksi dengan menggunakan survei online, forum, media sosial, atau email, Anda dapat mengirim permintaan kepada penulis tersebut untuk meninjau produk Anda, merekomendasikan bisnis Anda, atau membagikan ulasan dan menunjuk ke bisnis Anda menggunakan backlink.

Post a Comment for "Cara meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Link Building"