Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untuk 12 Kelas Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Format Excel

Aplikasi Jadwal Pelajaran yang akan kita review kali ini adalah lanjutan versi dari aplikasi jadwal pelajaran excel sebelumnya yang dapat digunakan untuk sekolah atau madrasah dengan kapasitas 6 Kelas dan 9 Kelas. Tidak terdapat begitu banyak perbedaan mencolok dari aplikasi ini, namun, hal yang paling mendasar adalah pada jumlah kelas yang dapat diinput ke dalam aplikasi jadwal ini.

aplikasi jadwal pelajaran

Untuk dapat download aplikasi jadwal pelajaran otomatis ini, nanti akan saya taruh linknya dibagian bawah artikel ini supaya anda dapat mencoba aplikasi jadwal pelajaran excel secara gratis. Jadi, sebelum melanjutkan, kita coba lihat dulu seperti apa Aplikasi jadwal ini.

Halaman kerja dalam aplikasi jadwal ini yaitu:

Bagian awal Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Format Excel

1. Halaman KODE, tampilannya seperti di bawah ini.

Untuk 12 Kelas Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Format Excel
Halaman KODE

Pada halaman KODE di atas, anda akan melakukan input secara menual data data yang diperlukan, yang meliputi Nama Mata pelajaran, Nama Guru, Alokasi waktu yang tersedia sebanyak 10 jamtatap muka per hari plus 2 kali istirahat, serta bagian input Identitas madrasah.

2. Halaman Beban Belajar, tampilannya seperti berikut ini:

Untuk 12 Kelas Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Format Excel
Halaman Input beban Belajar

Pada halaman seperti di atas, anda juga masih melakukan input secara manual pada bagian alokasi waktu belajar per pekan pada setiap kelasnya. Data ini diperoleh dari struktur kurikulum yang berlaku di sekolah anda.

3. Halaman Pembagian Tugas, penampakannya sebagai berikut:

aplikasi jadwal pelajaran smp kurikulum 2013 gratis
Halaman Pembagian Tugas

Pada halaman Pembagian Tugas Aplikasi Jadwal Pelajaran ini, terdapat beberapa bagian, yaitu:

- Bagian nama Guru, anda sudah tidak perlu lagi menginput pada kolom ini, karena kolom ini akan secara otomatis terisi sesuai isian pada halaman input Halaman Kode

- Kolom mata Pelajaran

download aplikasi jadwal pelajaran otomatis

Pada kolom mata pelajaran ini, kita akan menginput mata pelajaran yang akan diampu oleh masing-masing guru. 

Dalam aplikasi jadwal 12 Kelas ini, satu orang guru dapat mengajar hingga 5 mata pelajaran sekaligus dalam satu pekan, yang nantinya akan menentukan berapa banyak kode yang akan kita inputkan saat penyusunan jadwal. 

Input pada bagian ini dibuat dengan menu drop down, sehingga akan memudahkan kita memilih mata pelajaran, dan akan meminimalisir kesalahan jika dilakukan dengan cara mengetikkan nama pelajaran secara manual.

- Kolom kelas, adalah kolom dimana kita akan mendistribusikan jumlah jam tatap muka yang di miliki oleh setiap guru pada masing-masing kelas. Data ini adalah data hasil dari keputusan kepala sekolah/ madrasah saat membagi tugas mengajar di awal tahu, jadi tugas kita hanya menginput angka-angka ke dalamkolom ini.

- Indikator OK, yang terdapat diatas kolom kelas, adalah indikator yang akan membantu kita saat menginput tugas mengajar guru. Jika indikator ini sudah menampilkan "OK", maka tuigas input pembagian mengajar sudah selesai, jika belum OK, maka ada dua kemungkinan, kelebihan input atau kekurangan input.

4. Halaman EDIT JADWAL.

aplikasi jadwal pelajaran smp
Halaman EDIT JADWAL

Halaman Edit Jadwal ini adalah halaman kerja utama kita, ada bebrapa bagian menu yang disajikan pada halaman ini, yaitu:

Halaman EDIT JADWAL

- Slogan "Kerja adalah Ibadah" bagian ini adalah bagian yang memotivasi saya secara pribadi saat bekerja, supaya hasil kerja kita selalu mendapatkan keberkahan. Anda bisa mengabaikan bagian ini jika tidak diperlukan.

- Kolom Nama guru, adalah bagian input untuk memilih nama guru yang akan kita susun jadwal pelajarannya, kita hanya perlu klik pada bagian nama guru, dan menu Drop Down akan menyajikan nama-nama guru yang terdapat di sekolah kita sesuai dengan yang kita inputkan di bagian Halaman KODE.

- Kolom Kode di samping Kolom Guru adalah Kode Guru, untuk membuat kode unik yang akan dikombinasikan dengan kode mata pelajaran.

- Kolom mata Pelajaran, adalah nama-nama mata pelajaran yang akan muncul sesuai dengan yang kita input pada bagian Halaman Pembagian Jam. Nama-nama Pelajaran ini akan secara otomatis sesuai dengan pelajaran-pelajaran yang diampu oleh guru yang kita pilih/ sorot pada kolom Nama Guru sebelumnya.

- Kolom KODE di samping mata pelajaran, adalah Kode Unik, hasil generate antara Kode guru dan Kode mata pelajaran, setiap guru dengan mata pelajaran yang diamunya, memiliki kode kode unik tersendiri yang harus kita input ke dalam halaman EDIT jadwal di bawahnya. Jika satu orang guru mengajar sebanyak 5 mata pelajaran, maka guru tersebut juga akan memiliki 5 buah kode unik untuk setiap pelajaran-pelajaran yang diampunya itu.

- Kolom SISA, adalah kolom yang akan membantu kita dan menampilkan jumlah berapa kali kode harus diinputkan ke dalam jadwal, jika sudah selesai, maka kolom akan berubah menjadi warna hitam seperti gambar.

- Kolom Kelas VII A, B, C dan seterusnya, adalah kolom membantuk kita untuk mengetahui distribusi jam mengajar seorang guru di setiap kelasnya p[ada setiap pelajarannya masing-masing. Jika sudah terinput secara benar, maka Kolomini akan menampilkan "OK".

aplikasi jadwal pelajaran smp kurikulum 2013 gratis
Bagian INPUT

Bagian INPUT inilah bagian dimana kita akan bekerja. Kita akan menginput kode kode yang disajikan pada kolom KODE di atas. Bagian ini bagian yang paling memusingkan saat menyusun jadwal, apalagi jika terdapat satu orang guru yang mengajar sampai 5 mata pelajaran.

Namun, dengan aplikasi ini, anda akan terbantu dengan indikator indikator yang ada dalam aplikasi jadwal pelajaran ini. Kode kode unik yang dimiliki oleh satu orang guru, akan ditandai dengan warna merah manakala diinput secara bentrok dalam satu hari.

Nikmati pekerjaan di bagian ini seperti kita menikmati permainan Puzzle yang bias dilakukan oleh anak TK dan SD. 😀😀

Jika input seluruh Kode sudah dilakukan, maka pekerjaan kita sudah selesai. Selanjutnya bagian output pada aplikasi pembuat jadwal pelajaran ini, yaitu:

Halaman Jadwal Per Guru.

aplikasi pembuat jadwal pelajaran
Halaman Jadwal Per Guru

Bagian ini adalah bagian cetak Jadwal per Guru, Kita hanya perlu Klik Nama Guru dan mengganti dengan nama lainnya untuk mendapatkan jadwal untuk guru lainnya tersebut.

Halaman Jadwal Per Kelas.

download aplikasi jadwal pelajaran otomatis
Halaman Jadwal Per Kelas
Seperti pada bagian cetak jadwal per guru, dalam aplikasi jadwal ini juga dapat mencetak jadwal per kelas, kita hanya perlu klik Nama Kelas dan menggantinya dengan kelas yang lain, maka jadwal akan segera disajikan dan kita dapat mencetak dan menempelnya di dinding kelas, atau sebagai kelengkapan administrasi wali kelas dan kurikulum.

Halaman Jadwal Full Sekolah/ Madrasah

aplikasi jadwal pelajaran excel gratis
Halaman Jadwal Full Sekolah/ Madrasah

Halaman ini adalah halaman untuk mencetak Jadwal secara keseluruhan. pada halaman ini, kita dapat mencetak jadwal dengan kode yang sudah otomatis di beri efek Stabillow sesuai nama guru yang kita pilih pada bagian kanan halaman ini secara drop down.

Baiklah bapak ibu, itulah review singkat dari Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Format Excel untuk kapasitas 12 kelas ini.

Anda dapat meihat review Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Format Excel ini dalam video di Chanel Youtube kami di bawah ini:

Bapak ibu dapat mendownload aplikasi jadwal pelajaran excel ini melalui Link di bawah ini:

DOWNLOAD APLIKASI JADWAL PELAJARAN OTOMATIS

Post a Comment for "Untuk 12 Kelas Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Format Excel"