Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Membuat Blog dan Apa Manfaatnya?

aminwafai.com- Pada artikel Pengantar Membuat Blog di tulisan sebelumnya, saya mengatakan ada berjuta-juta jumlah blog saat ini. Kok banyak sekali yaah? Sebenarnya apa sih motifasi mereka para blogger sehingga mereka sangat rajin membuat dan mengurus blognya? Tentunya jawaban dari pertanyaan ini ada pada diri anda masing-masing.
Saya sendiri, pada awalnya ngeblog hanya sebuah ke-isengan belaka, ya hanya iseng dan tak ada motifasi lainnya. Lambat laun, saya melihat statistik blog saya ternyata ada beberapa kunjungan dari orang orang yang ingin membaca tulisan-tulisan saya, rasanya senaang sekali blog saya ada yang mau mengunjungi. Seiring berjalannya waktu, ada yang memberi komentar di blog saya dan menayakan sesuatu tentang apa yang ada di tulisan blog saya, rasanya gimanaaa gitu. Senangnya tulisan saya ada yang mau membaca dan memberi komentar. Inilah kebahagiaan hakiki dari ebuah proses yang namanya ngeblog.

Jadi, mengapa kita membuat blog?

Sudah saya katakan tadi, itu pertanyaan jawabannya ada pada diri anda masing-masing, namun yang jelas, ngeblog itu manfaatnya sangaaaat banyak sekali, tapi saya tidak akan menyebutkan semuanya, nanti ditambahkan sendiri yaah.

1. Blog bermanfaat sebagai media untuk menunjukkan eksistensi diri

Ya, dengan membuat blog, seseorang akan diakui keberadaannya, khususnya didunia blog. Dengan blog yang dibangunnya itu, seseorang akan dapat dikenali secara luas. Memperkenalkan tulisan-tulisan yang merupakan buah dari pikirannya. Ide-ide yang muncul menjadi tersalurkan kepada orang lain. Dan pada akhirnya, seseorang menjadi memiliki nama besar hanya dari membuat sebuah blog, tentunya dengan konten atau isi yang bermanfaat bagi orang lain.

2. Blog bermanfaat membuat pemiliknya menjadi penulis yang handal.

Menulis adalah bukan perkara mudah. Saya saat mengawali membuat artikel di saah satu blog saya, membutuhkan waktu kurang ebih satu bulan, lama sekali yaah? Apa mungkin sayanya saja yang kurang cerdas? Hehe,tapi itulah kenyataannya, blog saya baru saya beri artikel satu bulan setelah saya saya membuatnya. Itu karena saya bingung apa yang harus saya tulis untuk blog saya. 
Tapi itu dulu, sekarang bagaimana? Masih tetap sama ternyata, hahaha,,. Namun walaupun masih mengalami kesulitan dalam membuat tulisan, setidaknya saya sudah tidak sama persis seperti dulu. Dan itu saya rasakan, sekarang ketika saya memiliki sebuah ide, maka saya tidak akan kesulitan untuk membuat sebuah artikel dengan jumlah kata tidak kurang dari 500 kata. Cukup bermanfaat bukan? Maka dari itu, marilah kita ngeblog agar kemampuan menulis kita selalu terasah dengan baik.

3. Blog dapat membantu orang lain.

Bagi orang seperti saya, yang sangat susah sekali untuk beramal, apalagi dengan hal-hal berupa materi, seperti untuk sodakoh misalnya, itu masih sangat berat untuk saya lakukan, apa memang saya ini yang orangnya memang pelit yaah?
Namun begitu, untuk berbuat kebaikan tidak selalu harus dengan sebuah materi. Kita juga dapat berbuat kebaikan dengan memberikan sebuah solusi terhadap permasalahan yang dihadapi orang lain. Dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat, bahkan amal kita akan tergolong sebagai amal jariyah yang pahalanya tidak terputus sampai kita meninggal alias kita sudah mati.
Jadi, jika anda memiliki sebuah ilmu, entah itu ilmu apa saja, langsung saja ditulis diblog agar orang lain ikut merasakan menfaat dari ilmu yang anda miliki itu.

4. Membangun citra positif

Ini sangat penting bagi seorang blogger yang memang ingin serius di bidang per onlinenan. Karena di dunia online sangat susah meberikan kepercayaan kepada orang lain, itu karena memang di dunia internet memang rawan kejahatan, penipuan khususnya.
Namun dengan blog yang anda bangun dan anda senantiasa berinteraksi dengan pengunjung blog anda, pengunjung akan sendirinya mengenal anda dengan sangat baik, sehingga nantinya jika anda menawarkan sebuah produk atau layanan apapun, mereka tidak akan ragu untuk mengikuti anda.

5. Membangun jaringan

Ini akan sangat penting bagi blogger yang memang memiliki tujuan membuat blog untuk berjualan. Berjualan diinternet tidak akan sukses jika anda tidak memiliki jaringan, dan ini erat kaitannya dengan manfaat yang ada pada point 4 di atas.

6. Blog bermanfaat untuk mendapatkan uang

Mendapatkan uang dari blog adalah salah satu tujuan yang paling banyak dimiliki oleh hampir setiap blogger. Namun perlu diketahui, sebagian blogger gagal ditengah jalan ketika tujuan utama dari ngeblog adalah uang. Karena uang dari blog itu tidaklah instant, tapi perlu proses yang panjang, tapi ini sering kali tidak dipahami oleh para blogger pemula dengan tujuan utamanya uang. 
Oleh karena itulah, dalam blog ini, bisa anda lihat menu utama dari blog saya ini, saya awali dengan menu Blogger, karena itu memang topik yang ingin saya angkat dalam blog ini, kemudian disebelah kanannya diikuti menu untuk tutorial internet dan komputer, dengan harapan blog saya bisa memberi manfaat bagi orang lain. baru pada menu yang terakhir, saya beri menu monetisasi, sebagai hasil akhir atau bonus dari proses ang saya jalankan dalam membangun sebuah blog.

2 comments for "Mengapa Membuat Blog dan Apa Manfaatnya?"

  1. aneh mah ngeblog karena hobby gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga main blog karena hobby, dengan blog kita bisa keluarkan semua apa yang ada di dalam isi kepala kita...Sukses selalu Untuk mas Made.
      Terimakasih telah berkunjung.

      Delete